Jumat, 16 Juli 2010

Setting Disk Cache Pada Squid

Dari tadi malam dibikin bingung gara-gara low disk space trus ini laptop,padahal seingatku space untuk sistem masih tersisa 21anGb,lha kok tiba-tiba low disk space terus,mulai deh dicari-cari apa sebabnya,waktu dicek samua normal. Coba-coba deh ngurangi iso hardisk,film-film dengan sangat berat sebagian di hapus.Ok sekarang udah ada space 1Gb,udah ga ada warning low disk space lagi.
Mulai deh browsing-browsing lagi dengan santainya.Semenit....Dua menit....Lima belas menit....Aman.Setengah jam kemudian,iseng-iseng ngecek disk space lagi. Lho kok tinggal 700an Mb,kemana yang 300Mb?....Tuing tuing,mulai mikir deh.AHA....(mirip iklan broadband operator aja!).Kan dari seminggu kemaren pake proxy ya.Apa cache-nya ini yang bikin masalah. Setelah di cek,bener juga. Cache-nya udah 20Gb,pantesan kok low disk space. Selidik-selidik ternyata kemaren ada settingan yang kurang. Settingan buat disk cache dibiarkan default,yang berarti ga dibatasi jumlahnya,sehingga akan bikin habis hardisk,ini mungkin ga masalah untuk jaringan yang menggunakan dengan server proxy sendiri,tapi untuk server proxy yang localhost gini bakalan bikin repot.
Pengaturan untuk membatasi jumlah disk cahce dapat dilakukan pada squid.conf
cari perintah

#cache_dir ufs c:/squid/var/cache 100 16 256

Hilangin dulu tanda pagar (#) yang berarti mengaktifkan settingan. Kemudian ubah parameter 100 16 dan 256 sesuai dengan yang diingikan
Angka 100 menunjukkan ukuran direktori dalam MB
Angka 16 menunjukkan jumlah sub direktori tingkat 1
Angka 256 menunjukkan jumlah subdirektori tingkat 2 dari subdirektori tingkat 1
Dengan begini space hardisk lebih aman.Tinggal dicoba...

Info Terkait: Mencoba Menghemat Bandwidth Dengan Squidward Temennya Spoongebob

Tidak ada komentar:

Posting Komentar